Masa lalu

aprian - September 6th, 2008

Pernahkah kamu melihat seseorang dari masa lalumu dan tiba-tiba yang kamu rasakan adalah rasa nyeri di dada dan perasaan sedih yang datang mendera?.

Aku hanya diam, menundukkan kepala dan menarik nafas panjang. Seharusnya masa lalu tinggal kenangan, tapi ini masih memburu dan menghantuiku, bahkan dalam mimpi.

Kamu … apa yang akan kamu lakukan karena aku sudah lelah lari dari ini semua dan tak tahu lagi musti bagaimana?

92 Kata untuk “Masa lalu”

  1. aprikot berkata:

    mendadak luka, biasanya begitu

  2. lala berkata:

    dia bukan hanya masa lalu,
    dia masa sekarang
    yang diimpikan jadi masa depan..

    met kenal

  3. Sheilla berkata:

    Kasih tak sampai-kah??

  4. /hmt berkata:

    Salam kenal, sptnya masa lalu yang menyakitkan. Memang susah untuk dilupakan, tapi jgn pernah putus asa yach.

  5. Vanez berkata:

    yap masa lalu, ketemu orang itu lg, tiba2 yg tadinya lupa sama kejadiannya dadaku tiba2 rasanya sesekkk….

  6. goiq berkata:

    pernah banget… gw ngeliat temen SD gw yg paling akrab dan menyadari bahwa masa-masa persahabatan gw sama dia udah ga sama kaya dulu lagi. rasanya nyeri banget, mengenang masa kecil yg indah dan tanpa beban… dan sekarang justru nyaris ga saling kenal lagi…

  7. snydez berkata:

    ..ambilah jalan memutar .. :)

  8. suton berkata:

    terkadang memang sakit kalo masa lalu datang kembali dan tak tau musti gimana..
    yang lalu biarlah berlalu..
    cari kesibukan aja..
    asal jangan terlalu banyak minum ntar mabuk berat.. :)

  9. thuns berkata:

    aaaah… aku pernah tuh…
    tapi dg yg aku miliki sekarang… alkhamdulillah… masa lalu itu tak pernah bisa menyakitiku lagi :D *halah*

  10. fenny berkata:

    Yesterday is history, tomorrow is a mystery, and today is a gift.. that’s why it’s called present… sejarah adalah sejarah, bukan untuk menguak luka lama. hanya untuk belajar untuk tidak mengulangi luka yang sama… *gaya mode on*

  11. jt berkata:

    Yang tak kalah penting adalah juga berdamai dengan diri sendiri, maafkanlah…

  12. aprian berkata:

    jt : mungkin itu bagian yg paling susah. Ironis ya?
    fenny : kata Soekarno, jangan sekali-sekali melupakan sejarah ya :)
    thuns : selamat tinggal masa lalu .. hehehe
    imsuryawan : tiang sampung di bali nike.
    suton : dah lama ni gak minum. JackD Single with rock will do fine ya?. :)
    snydez : sepertinya gitu son, agak jauh ni muternya
    goiq : thats hurt dude
    vanez : trus apa yg kamu lakuin?
    /hmt : salam kenal jg. Putus asa si tidak, cuma kadang capek aja
    Sheilla : bisa dibilang gitu juga, tapi sepenuh kayak gitu heheheh
    lala : met kenal jg la
    aprikot : tambahin jeruk ma garem biar lebih mantabb? :D

  13. domba garut! berkata:

    Sabar aja.. doa aja.. masa lalu yang diwarnai dengan getir adalah sebuah ‘requirement’ atau mungkin bisa disebut sebagai ‘imunisasi’ dari cobaan/gangguan ‘kesehatan kalbu’ yang skalanya lebih besar didepan..

    Smooth roads never made a good driver.. :D

    Been a while yet visiting you here, hope this finds you well and my hugs and best regards from West Africa.

  14. dhei berkata:

    sinih… drpd lo bersusah hati, kita kembali melakukan kejahatan bersama bhwewhwhehehheheeheh

  15. PanDe Baik berkata:

    Yang pasti, dunia terasa berhenti berputar. Shock… Enegh….

  16. anton berkata:

    aku bunuh masa lalu itu. lalu kutinggalkan bersama kenangan. atau kubur dia, jangan diaben, agar tak pernah kembali bereinkarnasi.

    dan kurengkuh masa sekarang. mendekapnya dan tak pernah kulepaskan..

    *soal kasih tak sampai juga. :D

  17. silly berkata:

    hmmmm, I know how you feel, but believe me… prasaan itu datang karena loe membiarkan dia datang dan mengijinkannya melukaimu lagi…

    Ada org yang menikamati luka, bahkan ada loh yang menjadikan duka itu sebagai “karir”nya (jelas bukan kamu, saya tidak membicarakan ttg kamu loh, I mean there are men/women out there yang seperti itu) mereka mencintai pikirannya yang terus tenggelam dalam memori yang menyakitkan itu…

    padahal kalo mau, dia bisa lepas, khan kita yang mengontrol pikiran dan hati kita, bukan pikiran dan ahti kita yang mengontrol kita. Rasa sakit yg nikmat itulah yang membuat kita terus menikmati mengenangnya, sambil menikmati lukanya…

    Putar balik yukkk, kali ini liat kedepan, never look back… your true love is waiting wor you at your front.

    salam,
    Silly

  18. Artha berkata:

    Iklaskan saja, niscaya rasa sakit akan berkurang dan sirnah

  19. achill berkata:

    rasa postingan ini ditujukan untuk dirinya *geer*

  20. Sheilla berkata:

    Selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir & batin :)

  21. novnov berkata:

    biasanya makin pengen di lupakan justru makin terkenang2…jadi lebih baik berdamai dengan masa lalu….

  22. ayu berkata:

    kalo lelah sih biasanya aku diem aja pri, terus tidur. Minum hemaviton energy drink biar besok pagi bangun bisa lari lebih kenceng lagi dari kemaren.
    huehuehueuehuehuehueheuheuhe…

    udah jangan sedih terus pri, tambah kurus nih, mending kurusnya dibagi ke aku ajah.

  23. Chulie berkata:

    i like your personality,,, hehehhe…
    salam kenal ah,,,
    emm… ga mudah memang melupakan masa lalu apalagi yang pernah ada d hati qta n jadi bagin dalam hidup qta,,, but biarkanlah itu jadi kenangan yang bakalan qta simpan n kau tak perlu menguburnya,,, (alah so banget yaw…hehehehe)

  24. masenchipz berkata:

    menrik nafas panjang? sekalian nyelem.. pasti kuat tuh nyelem lama2.. hi..hi..

  25. sa berkata:

    masih luka kah?

  26. Elys Welt berkata:

    ” yang lalu biarlah berlalu ”

    mudah mengucapkan kata2 di atas tapi prakteknya ? sulit booo :)

  27. diajeng berkata:

    let it go,,

    katanya itu akan lebih meringankan langkah kita kedepannya,,jadi kalo pas keinget yang udah berlalu,,kita bisa sennyum, karna kita pernah belajar dengan nya,,
    eh nda nyambung yah??? biarin,,
    anyway,,lam kenal yah

  28. ashardi berkata:

    liat2 dulu ketemu ama sapa ini, kalo ketemu ama tukang kredit lebih baik langsung ngacir ajaaa~~~

    :p

  29. NunK berkata:

    Sayapun pernah merasakan hal yang sama…

    Segala sesuatu ada waktunya…
    ada saat mempertahankan…
    ada saat melepaskan…

    IKHLAS adalah kuncinya…

  30. nasgorkam berkata:

    biasanya kalo gue pri, kalo masa lalu menghantui, gue akan aduin itu masa lalu sama apa yang ada dimasa sekarang, apa yang gue punya, gue sama siapa, apa yang akan gue lakuin dsb2,.. udah itu biasanya masa lalu akan pergi sendiri, balik ke masa nya dia sendiri,…

    karena memang seharusnya dia disana :) hanya untuk diingat dan dijadikan pelajaran, tidak boleh menghantui,..

  31. nengyuke berkata:

    wow…. *speechless*

  32. suton berkata:

    btw gak lihat foto mesranya mas Elzan
    loe kapan bli?
    makanya cepetan nikah
    halo halo, koq lama gak apdet nih

  33. metty berkata:

    makanya nengok ke belakang itu boleh, tp lewat spion aja. jangan sering2 supaya gak nabrak motor di depannya :)

  34. N@S berkata:

    Hmmmmmm…. memang susah juga yaaaa…???
    Kalau tiba-tiba masa lalu itu melintas dibenak kita, apalagi kalau sampai membelenggu pikiran kita.
    Tarik napas….. dan hembuskan perlahan lahan.
    Akui saja dengan jujur dalam hati kita, jika suatu ketika masa lalu itu singgah dalam pikiran ( dan hati kita), sambil katakan demikian:
    ” Kau datang lagiii….. ”

    Lalu halaulah perlahan …. sambil berkata:
    ” Biarkan aku hidup tenang yaaaa……….. dengan masa kini-ku dan dengan masa depanku ”

    Jangan pernah sekali-kali memaksanya pergi, apalagi meronta ketika kita hendak menghalaunya. Itu akan semakin melukai hati kita.
    Halaulah dengan tenang dan damai, seperti kita menghanyutkan sebentuk kapal-kapalan kertas dialiran air sungai, sehingga ketika dia pergi menjauh, hati kitapun tidak terluka dan tenteram adanya.

  35. siinoi berkata:

    apri..apa kabar? gw masih inget sama blog ini, dan gw masih ter-takjub2 tiap liat tulisan lo :)

  36. imsuryawan berkata:

    kalo saya, meyakinkan diri untuk terus melangkah… :)

  37. a! berkata:

    udah, ah. sekarang waktunya pesta. jangan mengenang masa lalu terus.

    update update!

    *menyalakan kompor..

  38. sasidesign berkata:

    pernah juga sih kayak gini…
    liat seseorang di masa lalu terus dada terasa sakit, lah gimana ga sakit dia dateng tiba2 terus nyiramin kopi di meja ke dada :(

  39. gre berkata:

    saya baru saja kembali dari masa lalu. :)

  40. bubble-pinkz berkata:

    yaaa…. memang sulit mengusir bayang2 masa lalu dari pikiran kita… banyak2 doa aja…

  41. Tata berkata:

    hmmm….masa lalu ya….mengapa harus dilupakan….nikmati aja….seperti rasa kopi yang tetep bisa kita ingat….

  42. bodrox berkata:

    lupakan dengan zikir. Dan katakanlah, masa lalu itu sudah membatu… di masa depanlah keindahan ada.

  43. mas stein berkata:

    mantan pacar ya? :mrgreen:
    *kaboorr!*

  44. budi berkata:

    mcintai bukan berarti memiliki dan memiliki bukan berarti mcintai. saya alami itu. ama mantan. tapi biarlah, itu menjadi sejarah hidup saya dan menjadi acuan bagi saya untk melangkah lebih baik lagi.

  45. nene berkata:

    tidak pernah ada yang kebetulan di dunia ini.. masa lalu juga bukan sebuah kebetulan dihadirkan, masa lalu tempat belajar agar tidak mengulangi kesalahan yang sama pd hari ini dan masa depan.. terkadang kita harus dipertemukan dengan orang baik sebelum dihadirkan orang yang terbaik..

  46. vivin alvina berkata:

    masa lalu emang sering menghantui perasaan kita,apa lagi klo dimasalalu itu kita sering disakiti oleh orang lain.

  47. TA berkata:

    JANGAN MEMANDANG KE BELAKANG , MASA LALU TERUS BERLALU DAN RODA KEHIDUPAN TERUS BERJALAN….

  48. henom berkata:

    gw jga brsn ptah hatii kq,,
    nyeri bgd lost contak 2 thn tnyta slingkuh

    g tw nty klo ktmu gmn …sakiiddd bgd,,,

    hrz’a krg 4 thn qt jadian,,,
    n tnyta dy lbh mlih ce ntu,,

    pdhl td dy brsann baikk bgd ma gw….
    mau nangiss jg dy gg kn pnah tauuu

  49. tesa berkata:

    Pernah, dan sampai sekarang masih kurasakan.
    Sudah 3 tahun aq merasakan hal yang sama, dan aq ga tau sampai kapankah perasaaku ini berakhir……..

  50. dinda reka berkata:

    hm……masa lalu ngajak balik????
    mo way!!!!

  51. abdoel berkata:

    Masa lalu adalah cerminan masa yang akan datang agar kita bisa belajar dan terus belajar dan kita jadikan bekal tuk memperbarui langkah dan hidup kita untuk masa depan yang lebih baik

  52. bali adventure tour berkata:

    biarkan lah masa lalu menjadi kenangan yang indah

  53. junot berkata:

    dia memiliki mhatiku kemaren,
    tp kamu memiliki hatiku sekarang, esok, dan seterusnya…..

  54. yul berkata:

    yang sabara dan ingat sama yang di atas dan lupakan lah

  55. Husna Sabila berkata:

    masa lalu itu terasa sangat menyakitkan …..apalagi masa lalu yang disaat itu melakuka kesalahan yang terbesar…..kadang berfikir seandainya masa lalu itu kembali lagi ingin diperbaiki semuanya.

  56. tya berkata:

    memang perih mendapati kepahitan masa lalu yang tiba-tiba menyeruak kembali dalam kehidupan kita..

    aku pun sering merasakannya..
    kehilangan seseorang yang sangat kita sayangi dari masa lalu kita..
    hingga kebahagiaan itu pun hanya menjadi masa lalu..

    namun ia pernah berkata padaku,,

    “Jangan pernah mengingat masa lalu, karna masa lalu takkan pernah mengingat kita..”

    Keep Ur spirit kwand..!!

    Jangan mau kalah sama masa lalu kita..!!

  57. peri kecil berkata:

    masa laluku sendiri yang berkata untukku…

    “ga usah nginget–nginget masa lalu yang ga pantes buat diinget–inget”

    ituh tamparan untuk akhirnya aku bisa berfikir hanya dengan logika…
    masa lalu ituh dijadiin spion kehidupan ajah…
    saat kita mulai mencoba memutar jarum jam masa lalu,, ingat bagaimana dan kenapa akhirnya kita terpaksa mengumpulkan,, membuang,, dan membakar masa lalu yang cuma bikin air mata kita berderma untuk sang waktu…

    sama–sama samangaaaaaaadddd yawh… :)

  58. hanny berkata:

    pernah banget…..n’ rasanya sakit banget ntah npa……stiap mlihatnya rasa sesak tiba2 yg qu ras….huft
    npa dia hrs hadir dlm hidup qu???

  59. nukin berkata:

    npa c kenangan yang dulu harus sllu terpikirkan………..karena kenangan yang indah bisa membuat ku nangis

  60. FAJAR berkata:

    masa lalu dgn dia terkadang bila di ingat2 memanglah terkadang membuat ku sedih,masa2 indah yg dlu di jln’i hrs hlng olh seiring berjalannya waktu,tp yg berlalu biarkanlah berlalu,lbh baik buka lembaran hdp yg baik,lbh baik kita prsiapkan diri untuk menatap masa depan,karna hari ini blm tentu lbh buruk dr pada hari esok,atau justru sebaliknya

  61. Punk berkata:

    yupz…..masa lalu mmng bgtu sulit tuk dilupakan, apa lg sesorng yg kita sayangi…. tapi dari smua itu jangan trlalu mmikirkan,,,,, pikirkanlah masa depan,,,,, krn dri smua itu pzti ada hikmahnya….

  62. zein berkata:

    sama seperti yang kurasakan..
    ada saat kumerasakan hal itu..seperti menjelang malam dan terdengar suara burung2 berkicau….
    slalau menghantui ku sejak pindah rumah wktu kecil…

  63. iretzhu berkata:

    smua orang punya msa lalu…tp tergantung bgmana qt mnjalni dn mnrima knyataan… jgn pernh bnci dy,mersa dendam dan jgn menutup diri.. krna biar bgmanapun dy prnah mjdi msalalu qt..yg mngajrkan qt tertawa,menangs,bhgia,terharu,dn membri kshsyg atau cnta,,, dn itu juga membuat hdup qt mjdi bermkna…

  64. alex agustin berkata:

    Gunakanlah masa lalu sebagai perisai/ senjata/ kekuatan menghadapi masa depan. Teori ini kedengarannya sangatlah mudah. Tetapi jika Anda sudah terbawa emosi dalam mengutarakan masa lalu, mungkin saja Anda akan membandingkan keadaan sekarang dengan masa lalu yang lebih baik dari keadaan sekarang. Jadi bila Anda akan mengutarakan masa lalu, lebih baik pertimbangkan dulu apakah dengan mengetahui hal tersebut akan membuat hubungan lebih baik atau sebaliknya.

  65. seva berkata:

    … masa lalu emg ada,
    Tp saT perTma mlihat n mencinTaiX
    Q memUTuSkan u/ Tdk mnjdikanX SBUAH MSALALU_

  66. anderson berkata:

    kita dulu belum mengerti dan baru sekarang baru mengerti. namun pada proses belum mengerti menjadi mengerti inilah yang sulit kita terima. karena sering kita baru bisa mengerti saat ini setelah kita merasakan sakitnya proses di masa lalu.
    tapi itu semua berimbang,,
    semoga hati kita semakin ikhlas dengan kenyataan ini.

  67. aMeL ameLia ZahRa muStikA berkata:

    hmM low mengingat masa lalu itu rasanya kadang menyakitkan kadang uga menyenangkan….tapi aku yakin aku bisa menjadi yang terbaik dari yang terbaik…dari kisah masa lalu itu…karna masalalu itu bagi aku kan di jadikan perisai bagi hidup menuju sukses…

  68. bunda selalu sayang ayah berkata:

    masa lalu?????
    emang susah di lupakan, apalagi kenangan yang indah.
    sakit kalo inget” masa lalu
    pengen nangis…
    hiks…. hiks…

  69. Fajris shadiqin berkata:

    Masalalu adalah faktor terbesar yang mempengaruhi jalan malas depan manusia….seperti halnya dengan masalaluku yang telah mengubah semuanya….dari sikap dan jiwa dalam masaku sekarang………

  70. Wisant berkata:

    Iya nich,aku jg ngrasain hal yg sama.Tapi aku gak brani utk kembali kesana,sbb terlalu byk resiko dan dosa yg hrs ditanggung.. So,bye-bye masa lalu!!

  71. ipan berkata:

    bgi gue,,, baik buruknya kejadian di msa lalu adadlah pengalaman untuk msa depan…

  72. diquers berkata:

    sepahit apapun moment2 yang pernah kita lalui jika sudah berlalu akan menjadi sebuah kenangan yang indah……………
    tapi walau kenangan itu terasa indah sulit bagiku untuk menghapus moment2 dari benakku begitu saja………….

  73. pipi berkata:

    nikmatin ajah….gak semua orang bisa ngalamin apa yang kita rasa itu..

  74. efril_girl berkata:

    masa lalu tak perlu dilupakan…
    jdikan masa lalu sbagai pengalaman..
    dan slalu berdoa agar masa dpn kan lebih baek…

  75. dilla_puspia berkata:

    sakitnya dateng lagi :(

  76. ve berkata:

    aku sangat terpuruk…n sakit…
    karna aku hidup dalam masa lalu terus….
    karna kekasihku skr adl bagian dlm masa laluku…:'(
    tp kini jarak memisahkan kita…
    aku harus bagaimana??

  77. Ardee berkata:

    bayang2 tanpa bayangan
    itulah gambaran maya sesuatu yg telah berlalu
    meski usang tapi tak jarang mencabik
    seperti gersang musim kerontang
    tak mungkin lari dengan telanjang kaki
    bahkan tak mampu ikuti arah angin
    hanya berjanji pada diri untuk menepati nafas
    agar tetap ada di jalan ini
    jalan menuju harapan
    bahwa suatu saat masa itu berwarna
    bukan hanya hitam & putih
    tapi PELANGI

  78. yudas berkata:

    .karmapala , memang ada, cepat2 lah kau menyadarinya, kt bukan lah orang suci yang tak pantas menerima penderitaan, terimalah dengan ikhlas apa yang telah jadi keputusan tuhan atas kesalahanmu

  79. ner-morpheous berkata:

    Masa lalu adalah tempat terjauh yang tak bisa kau tempuh dengan kendaraan apapun…

    Kalo tak sanggup memaafkan dan tak pula melupakan.. biarkan hilang dengan waktu..

    (sumpah!!! sakitnya masih terasa saat ini aku tulis )
    Tapi ternyata aku nggak sendiri..

    Thank’s for sharing this to the world..
    :)

  80. ifued berkata:

    masa lau memang mnydihkn bila di kenang.. phit, manis sring tringtdi dlm pikirn ku.. tpi knyataanya smua brubah.. enth knpa smuanya brubah,, skrng aku sndiri.. tdk ada yg mnghbrku lagi.. satu2nya yg bs mnghburku adalah aku sndiri.. trkadang aku sering prgi ke pantai2 trdkat u/ mlpaskan hasrat & beban yg ada di dlm diriku.. smuanya harus q lupakan mski itu berat & mnyakitkn….

  81. Maulana berkata:

    masa lalu tu kadang ninggalin memory yg manis tapi kadang juga hanya ninggalin memory sampah cinta dan janji

  82. agung berkata:

    disuatu ketika,…
    ada kisah ,dan semua kisah pasti ada akhir yang harus dilalui,..
    dan kan menjadi kenangan ,..
    masa lalu,..
    belajar dari masa lalu,dan coba ntuk bangkit dari bumi kelagit,.gOO to masa depan,

  83. faris berkata:

    masa lalu adalah ajang pengenalan untuk masa depan
    …..
    salam kenal

  84. dimas berkata:

    gAJEBO

  85. ferrytunk berkata:

    masa lalu bkn tuk dilupakan…
    namun buat panutan tuk melangkah lebih maju…
    karna dgn memingat masa lalu, kt akn belajar g mengulangi hal yg sama ato hal2 bodoh yg dl kt prbuat….
    #smangad…

  86. poppy chantika berkata:

    aku menyesal telah menyakiti mu .. semua terasa hampa bila tiada kau di sisiku … aku hanya bisa menangis melihat kau dengan prempuan lain :””””)

  87. cylvi berkata:

    met tinggal… sampai bertemu di suatu saat, kala smua tak ada lg ada yg tersisa, kala…kau dan aq …hanya tinggal sebuah kisah, yg terlupakan…(duh…sakitttt)

  88. cylvi berkata:

    met tinggal…sampai bertemu di suatu saat, kala smua tak ada lagi yang tersisa, kala…kau dan aq…hanya tinggal sebuah kisah, yg terlupakan…(duh…sakitttt)

  89. bie berkata:

    Masa lalu biarlah masa lalu…
    jangan kau ungkit … jangan ingatkan aku…
    Masa lalu biarlah masa lalu…
    Sungguh hatiku tetap cemburu…

  90. rangga berkata:

    Masa lalu adalah bagian dari hidup kita.

  91. rhiya anggaray berkata:

    Masa lalu sudah ku anggap takdir aja :D
    Semua udah di atur yang atas :)

  92. DHILAH berkata:

    Masa lalu biarlah berlalu

Leave a Reply