E=mc�

aprian - May 3rd, 2004

Tau rumus diatas gak ?. Ato kalo gak, tahu dalil tentang hukum kekebalan energi ?. Kalo kalian-kalian udah sukses melewati masa-masa sekolah, kayaknya itu-itu semua pasti tahu, atau setidak-tidaknya pernah nyangkut di kuping.

Ya, dua hal itu ada didalam pelajaran Fisika. Betul sekali…F I S I K A. Kayaknya ini salah satu pelajaran yang jadi musuh bersama anak-anak sekolah selain dari pelajaran Matematika. Setuju ?

Gue waktu SMA, termasuk yang gak suka pelajaran ini. Suka gak ngerti seh sebenarnya. Guru nerangin, guenya bengong gak ngerti. Nilai ulangan, yah gak jauh-jauh dari angka 5 dan sodara-sodaranya kebawah. Ulangan dapet 7, wah itu ajaib deh. Kalo gak soalnya gampang banget, ya contekan gue sukses besar. Temen-temen gue jg sama, kecuali satu orang. Satu kelas pada berkisar 1-7, dengan sebaran merata di nilai 3-5, dia sendiri dapet 9. Kan kurang ajar, ya gak ?. Gak ‘prensip‘ !. Tapi gimana juga ya, dia urutan 5 Olimpiade Fisika se-Indonesia..hehehe.

Berhubung gue kelas Fisika, ya UMPTN mau gak mau gue musti ngadepin ni fisika. Belum lagi ditambah matematika-ipa. Kayakna butuh keajaiban deh buat gue jawab soal-soalnya.

Suatu hari…..

Lagi niat belajar ni ceritanya. Buka buku kumpulan soal-soal UMPTN yang udah lewat. Pengen tahu, kalau gue gak belajar seberapa parah seh gue gak bisa jawabnya. Mulailah gue ngerjain dengan serius. Gue ukur waktunya, biar sesuai ma keadaan sebenarnya. Simulasi ni ceritanya.

tik tok tik tok…kringg

Yaks, waktu habis. Saatnya buat ngitung nilai.

Sambil lihat jawaban-jawabannya. Bolak balik buku fisika. “oo gitu… Eh ini bener juga“.” Ooo gitu to caranya.. duh salah“. “Hmm ini dikali sama ini to“. “Ya, ini salah lagi“.

Nah beres.

Itung..itung yang bener…. *jrengg*.. Dari 10 soal, bener 6, salah 3 dan kosong 1.

EHUHEUUEUHEEUHE. Tertawa puas gak percaya. Malah jadi mikir dalam hati. Kok bisa 6 gue ?. Gue lihat-lihat lagi jawabannya. Eh bener 6. Kok bisa ?. Tadi jg gak ada yg nebak jawabannya. Antara senang campur tekejut.

Iya gitu lho, soal UMPTN trus bisa jawab 6 dan itu Fisika. Gue mikir, ini pasti keberuntungan.

Gue coba lagi donk, buat ngeyakinin diri. Kali-kali aja yang gue kerjain gampang kebetulan otak gue yang lemah ini bisa ngerti.

Sibuk lagi corat coret, itung sana itung sini.

Kelar lagi 10 soal.

Cocokin lagi jawabannya.

HEUHEUEHHEUHEHEUHE..*tampang bingung*.. bener 6, salah 4.

***

Akhirnya dari sana gue sedikit ada kepercayaan diri, kalo Fisika bisa gue jawab. Gak kosong-kosong amatlah. Soalnya kalo dibandingin ma ujian-ujian dikelas, ya jauh di mata gitu nilainya. Makanya gak berharap banyak bisa jawab di soal-soal UMPTN.

Sejak itu pula gue jadi suka ma fisika. Kuliah fisika I gue jabanin dengan hati riang gembira. Gue baru tahu trik-nya. Ternyata belajar fisika itu perlu belajar konsep dulu. Rumus ini datengnya darimana, kenapa bisa begitu. Besaran ini hasil darimana. Ini besaran pokok atau turunan. Kalo konsepnya dah matang, ternyata lebih mudah kalo jawab soal. Udah kebayang semuanya. Gue telat nyadarnya ni, harusna pas sma dulu.. he he he

UTS, UAS Fisika pas kuliah dapet 100…he he he. Boleh sombong dikitlah. Berbanding terbalik dengan nilai-nilai waktu sma.

Mungkin karena gue percaya diri kalau gue juga bisa ngerjain fisika, ditambah gue seneng ngerjainnya dan ditambah lagi gue tahu cara belajarnya makanya hasilnya bisa maksimal.

Dan fisika ini yang kemudian jadi dasar semua mata kuliah gue di kampus. Belajar antena, pengolahan sinyal digital, mikroprosesor, jaringan komunikasi data, teknik digital, dan lain lainnya semuanya pake fisika.

Ternyata kalau belajar, bisa juga. Ya gak ?

32 Kata untuk “E=mc�”

  1. t.w. berkata:

    nah kaannn… dah ketauan deh, pasti anak Himatel juga, ada kata-kata PSD :D !! angkatan berapa mas apri ??

  2. sLesTa berkata:

    ah elo sih, punya otak ga dipake.. hihih.. belajar makanya, jangan bikin kebetaaannn muluuu… :P

  3. niney berkata:

    ngitung??..ke laut ajehh..!!! =x9

  4. FloD berkata:

    kalo gw di jur fisika, tambah rumit lagi deh itungan itu

  5. echa berkata:

    apaan fisika musuh huhuhuhu..fisika temen gw hihihihi :)) tapi skarang udah buntu krn gw masuk jurusan accountant huahahahahaha mencong bgt :D

  6. wahyu adi s berkata:

    weheheh….
    EmC itu rumus dr iseng2 kok… so, kamu2 ga bakalan bisa ngerti kalo ga seneng iseng2 juga…
    tp iseng2 ngutak atik rumus :P (eh? tobat deh!!)

  7. mput berkata:

    gw duluw pelajaran yg plg gw benci adalah kimia! krn gurunya tuw sumpah njlimed bgd klo nerangin.tpi pas akhirnya diajarin konsepnya ma temen gw, jd lancar dey=D
    memang segala sesuatunya tuw lbh mudah klo kita ngerti konsepnya, jd gag asal maen tabrak lari aja ngerjainnya… hihihi… and so is the lesson of life, huh? =D

  8. snydez berkata:

    heheh :)
    ayo kamu bissa….

  9. GReTaN berkata:

    teteup…GAK DEMEN FISIKA!!!makanya gw masuk IPS!!!heheheheeh

  10. ita berkata:

    gue bukan anak fisika & dulu gue ga suka fisika tapi skrg kerjanya malah bikin pelajaran fisika :D :))

  11. bla berkata:

    itu bukannya KEKEKALAN ENERGI? kalau kekeBAlan energi sih sekolah gue ngga pernah ngajarin.. soalnya ngga pake magic kayak potter :)

  12. an berkata:

    gue bukannya gak suka ama fisika pri. tapi gurunya galak. tiap kali pelajaran pasti tegang. dulu kita nyebutnya “Rabu Tegang”. soalnya di hari itu kita mesti siap2 disambit kapur, dan yang kena sambitannya maju ke atas ngerjain soal.

    yang bisa = dipelototin
    yang gak bisa = mohon perlindungan yang maha kuasa

    akibatnya kita bukannya ngerti “hukum kekekalan energi”, tapi malah merasakan “hukum kekerasan energi”.

    tapi masih mendinglah fisika. sempet dapet 8. daripada kimia. dapet 3 di rapor. bukan krn gurunya kejam. bukan. tapi emang susah. huhuhu. ga taunya pas kuliah seni rupa tingkat 2 gue mesti belajar kimia lagi gara2 bikin tugas kampanye perlindungan lapisan ozon. bener kata lu pri, kalo kita ngerti terapannya jadi gampang masuk ke otak. :)

  13. yanti berkata:

    huehehehehe.. anak elektro sih ya, gak akan jauh2 dari fisika ;).

    pri inget gw nggak? E5DUR3N dulu di #bombshelter ;)

  14. amir hamzah berkata:

    anak himatel mana? himatel polban?

  15. hidayat berkata:

    Barudak himatel kirim email atuh ka urang

  16. Sc0rp10n14 berkata:

    wah alhamdulillah saya dapet triknya neh…di coba aah…jujur aja neh saya gogling neh trik akhirnya dapet jg…saya lagi stress ma fisika dari smp sampe stm sampe kuliah semster 1 yg nilai ancur mlulu…akhirnya gw bertekad terpaksa krn kemaren UTS ancur total tuh soal gak ada yg di isi :D…hehehe do’ain yaa moga jadi pinter fisika ….seep..

  17. sum berkata:

    salam kenal

  18. sum berkata:

    Assalamu’alaikum barudak himatel, pa kabare ?
    moga baek-baek slalu trus kapan kita kumpul di temu alumni bareng alumni lagi? urang geus rindu yeuh!

  19. himen berkata:

    Ass. tulung dunk kasih aku kumpulan soal matematika, fisika, kimia yang banyak dunk, kenangan nich….

  20. cheny berkata:

    apaan tuch?? bikin pucing ajjah… cuma gara-gara mikirin pelajaran yang satu ini,, kepalaku sering puyeng, nafsu makan berkurang, n akhirnya aku jadi sering sakit2an.. hehehehe..
    bisa bantu diet gue juga lho… ;p

  21. cheryl berkata:

    fisika???wow magic..gila,itu pelajaran yang bikin gw pusing 3 taon d sma+1 smstr d kul..emg sich klo qta dah ngerti konsep bakalan gampang banget ke sananya..tapi..setiap orang punya masing2 cara belajar yang berbeda dengan yang lain,dan g semua orang punya pikiran yang gamapang untuk belajar konsep,tapi,salut banget klo semua org indonesia bs ngerti konsep dari suatu masalah,..qta pasti bakal lebih maju dari negara maju lain sekalipun..

  22. umink berkata:

    setauku itu bikinannya einstein, jadi biarlah sang master yang menjawabnya !!!

  23. deniz berkata:

    gile…..salut buat orang yg bisa fisika.
    pade makan apan ye????????

  24. jupiter berkata:

    gw lagi bingung, besok UAS FiDas… gw ikut UAS gara2 nilai UTS gw kurang… biar ngerti juga susah…

  25. bagus ovi berkata:

    Aq sbnrnya seneng banget sama pelajaran fisika tapi sebelum kita tau konsep dasar yang mendasari penalaran para ilmuwan dalam menemukan rumus dasarnya.tapi aku kira pelajaran kimia lebih mudah karena rumusnya tak begitu kopleks.

  26. BOP berkata:

    Waktu SMA ini adalah waktu yan sangat menentukan bagi kita.apa yang kita lakukan pada saat ini akan sangat mempengaruhi pekerjaan yang kita inginkan pada waktu yang akan datang.misalnya sewaktu SMA kita senang sekali dengan pelajaran kimia,maka dari itu karena kita merasa mampu dalam bidng ini,maka setelah kita lulus nanti tidak ada salahnya kalau kita memilih jurusan fakultas perguruan tinggi yang sesuai dengan kemampuan kita tersebut.hal tersebut akan memudahkan kita untuk menjadi manusia yang terbaik,dengan 1 syarat yaitu diimbangi dengan ketaqwaan terhadap Tuhan YME.

  27. amar berkata:

    Yap fisika itu gampang2 susah dan susah2 gampang kalo kita ngerti konsep and dasarnya ya gampang kalo kita gak nerti ya susah bin pusing. tapi menurut gue orng-orng yang mudah mempelajari fisika itu kudu suka dulu baru dia bisa.bisa juga susah itu karena persepsi alam bawah sadar kita yang di pengaruhi oleh lingkungan sekitar kita yang beranggapan bahwa fisika itu bikin pusing, ribet padahal kalo kita serius mempelajarinya gue yakin gak sesusah yang dibanyangkankan deh kuncinya ngerti konsep n dan latihan soal.ada loh yang kalo sudah belajar fisika and matematika itu sampe lupa makan, mandi dll. intinya lepaskan belenggu pikiran kita dan yakinkan bahwa FISIKA ITU MUDAH SUMPAAHH!

  28. riebaan aqielul berkata:

    tolong kirimin soal-soal spmb taun-taun kmarin dong[2006 kbawah]
    aku udah jungkir balik ne, nyari…g’dapet2/
    ====kalo bisa sama pembahasan sekalian====
    ==============thanks======================

  29. Dezee berkata:

    Saya minta dikirimin soal SPMB yang baru donk,klo ada ama soal CPNS sekalian yach…..
    Thanks

  30. aTi berkata:

    aSS…
    Kalau kata aku, Vck itu mudah bgd kok!
    Walaupun, kelas X aku sempet ga suka Vck soalnya, guru nya itu lho… bikin ngantuk!!!
    Tapi, alhamdulillah semenjak kelas XI dan XII aku CINTA bgd sama yang namanya Vck ^_^…
    Tiap libur atau ga ada kerjaan, pasti aku belajar Vck terus ga pernah belajar yang laennya…
    He 3x… sampai2 lupa sholat, mandi dkk dech!!!
    Pokoknya, Vck it’s fun and easy dech!!!

  31. dila berkata:

    daripada dalemin fisika, lebih baik belajar bahasa inggris, biar bs ngerti omongan newton

  32. E=mc² « Kumpulan Penjiplak berkata:

    […] http://www.aprian.net/2004/05/03/emc/ […]

Leave a Reply