Aku merokok lagi….

aprian - June 22nd, 2003

Ku hembuskan asap rokokku. Rasanya melegakan isi kepalaku ini. Kupandangi rokok yang ada ditanganku ini. “Aku merokok lagi” pikirku.

***

Dulu, aku bukan perokok, bukan pecandunya pula. Hanya sesekali merokok, itupun kalau ada acara tertentu, seperti jalan-jalan ke daerah yang hawanya dingin. Sekedar penghangat tenggorokan saja.

Saat kuliah, itu mulai berbeda. Terutama ketika aku tinggal di Lab. Suatu malam, tak sengaja kulihat temanku yang sedang asik bekerja didepan komputer, sambil merokok ditemani secangkir kopi dan alunan musik dari winamp ditengah dinginnya AC Lab. Terlihat begitu nikmat. Apalagi ketika dia mengisap rokok dan mulai menghembuskan asapnya. “Ada pelampiasan untuk rasa stress” itu pikirku saat itu.

Kandungan kafein dalam kopi memacu jantung kita hingga membuat rasa kantuk menjadi hilang. Lagu-lagu yang mengalun menceriakan suasana yang sudah suntuk dengan baris-baris program dan buku-buku tentang teknologi ini. Dan rokok, dengan hembusan-hembusan asapnya, membuang semua pikiran suntuk dalam otak kita.

Suatu hari suatu tahun…
Kamu merokok?“. “Iya” jawabku. “Hanya pada kondisi-kondisi tertentu. Ketika aku bekerja, atau ketika aku sedang stress. Sama seperti saat ini“. “Aku tidak suka cowok perokok“. Aku diam sesaat. “Aku akan berhenti, aku hanya meminta ijin merokok sementara ini. Hanya untuk 2 bulan ini. Setelah itu aku berhenti“. Dia tersenyum “Baiklah, tapi janji ya.“. Aku menganggukkan kepalaku.

Aku masih merokok. Seperti janjiku, aku hanya merokok pada saat aku kerja. Lainnya..tidak !. Terkadang dia bertanya “Ngerokok berapa batang hari ini ?“. Biasanya aku hanya tersenyum, aku hanya bilang “Lagi pusing. Programnya gak jalan lagi“. Dia hanya manyun, dan merajuk.

***

Kemudian…….. dia “pergi”.

***

Ya aku akan berhenti total merokok“. Itu janji pada diriku sendiri untuk tahun baru ini. Kumatikan rokok terakhirku di tahun itu. Rasanya ada yang berbeda. Ketika kumatikan, aku teringat dia. Aku ingin dia kembali. Melarangku untuk tidak merokok. Merajuk manja ketika aku merokok.

Bodoh, berhenti merokok karena wanita. Tapi setidaknya aku punya alasan untuk berhenti merokok. Teman-teman pasti mentertawaiku, aku tahu itu. Mereka akan berkata “Kenapa kamu tidak berhenti merokok untuk tubuhmu?. Kenapa karena dia ?. Kamu tidak menyayangi tubuhmu sendiri ya ? “. Lalu kenapa kalau aku berhenti karena alasan itu ?. Itu pilihanku sendiri. Tapi biarlah, paling tidak aku tahu mereka masih perhatian terhadapku.

***

Hampir 4 bulan aku berhenti merokok. Menahan-nahan diri untuk tidak merokok. Menolak dengan halus setiap tawaran rokok yang datang.

Sekarang…aku merokok lagi. Kenapa ?. Alasannya sederhana saja, “Aku kehilangan alasan untuk berhenti merokok“. Ya, ya, ya tertawalah semua. Sekali lagi, aku tak peduli. Aku ingin merokok dan alasan yang menghentikan aku untuk berhenti merokok sudah tidak ada. Untuk apa aku tidak merokok kalau gitu ?.

***

Kumatikan rokokku. “Satu batang lagi telah habis“. Kalau aku pikir lagi, sebungkus rokok ini sama dengan satu bulan biaya hosting webku ini. Web dan rokok, sama-sama untuk membuang stress dan sama-sama ada karena wanita.

Kalau kau tak sanggup menerima akibatnya.
Jangan pernah memulai.
Walaupun itu hanya ada dalam pikiran.

32 Kata untuk “Aku merokok lagi….”

  1. arb3i berkata:

    aih….
    kenapa yah kalo cowo ngerokok pasti dihubung2in sama adanya wanita… :\
    padahal banyak banget cewe2 yg ga doyan cowo2 yg ngerokok… :/
    *ing ung d*

  2. VespagirL berkata:

    nah tuh pri, kenapa di hubung²in ama wanita? :p

  3. rani berkata:

    aprrriii *tereak di kaki apri*

  4. Ari berkata:

    hmmm ceritanya apri jadi ngingetin mo’ari ama mantan dulu deh. negrokok dan mo’ari suka ngamuk kalo tau dia ngerokok..abis photographer ngerokok takut abunya kena lensa kamera atau kenapa di dark room coba ehhehehe.

  5. achmadbiz berkata:

    kalo wanita ngerokok gimana pri’? pan banyak tuh kayaknya …

  6. vespaman berkata:

    everybody got their own reasons…up to you buddy :)

  7. FiZzy berkata:

    Ngerokok must go on.
    Bayangin deh.. siang2 elo abis makan nasi pecel puedesss…, minumnya es teh manis. Abis itu paling enak ngapain?
    Duduk santai sambil nyender rokokan. Heheheehee..

  8. Brandy berkata:

    gw kalo gak ngeroko abis makan tuh rasanya gimanaaa gitu trus spt yg gak kenyang yg ada kekurangan apaan gituw,trus kalo gak ngeroko seharian…i’ll be sensitive dan cepet marah…gak tau kenapa >_

  9. bryan berkata:

    wa, berarti waktu kemaren gw ngasi rantang isi coklat itu, lo belum mulai ngrokok lg, Pri? ;p

  10. dikiwinky berkata:

    Ah ah.. membunuh kupu-kupu dengan hembusan asap rokok? Atau meniru indian apache, membuat tanda asap.. tapi apa asap rokok bisa terlihat dari depok pri? Ah ah lebih baik kamu nyalakn lilin sadjah ^_^

  11. nasgorkam berkata:

    adeeuuu ceritanya tragic romantic gitu pak,… hueahuhea tapi keren asli pak ;)

  12. grE3nY`PrinCeZz berkata:

    hmm gara2 cewe yah ? kalo cewe yg ngerokok gara2 cowonya gmana ?

  13. okke berkata:

    nobody can stop me doing what i want to do except myself.. Iye, pri.. klu mo brenti ngerokok jangan orang lain yang jadi alesannya, lah.. orang itu pergi… balik lagi pan ente :P

  14. flow berkata:

    kalo gitu kenapa gak berhenti karena diri elo sendiri?

  15. udhien berkata:

    karena nggak berhenti ngerokok karena diri sendiri ?

    menurut gue sih karena diri apri sendiri adalah seutuhnya untuk sang kekasihnya itu. kalau udah nggak ada dia.. buat apa diri ini…

    benar nggak penafsiran gue pri.? ;)

  16. udhien berkata:

    “karena nggak berhenti ngerokok karena diri sendiri ?”

    RALAT :

    “Kenapa nggak berhenti ngerokok karena diri sendiri ?”

  17. aban berkata:

    cewek masih bisa ninggalin kita pri…tapi rokok…setia sampe mampus ahahahha

  18. sMara berkata:

    aduh..aduh..jangan dong….uhuk..uhuk, nak khan… kamu gimana sih? aku khan alergi sama asep…!

  19. dismolanza berkata:

    smokeLIKEaWOMEN

  20. andin berkata:

    awww…apri never mention “dia” name hu uh ?! pnasaran euy! waaa pri..trus trang gwa agak kurang suka sama orang yang ngerokok, yah namanya juga hak…tapi jangan lupa hak orang laen pri ;)

  21. snydez berkata:

    it’s better start or stop without any reason :)

  22. erly berkata:

    Saya makan lagi… hehehe…

  23. Mikah berkata:

    hmm… just hear this out, it don’t matter what you do, as long as you feel good about yourself. :))

  24. Dhei berkata:

    aku selalu bilang, hal yang paling menyedihkan dari hidup adalah cinta. Jadi jangan mencintai sesuatu kalau kau siap dijungkirbalikkan. Aku merasa kau tidak menangis dengan air mata tapi dengan asap rokokmu itu..

    *ajaibnya, tadi kau tak merokok di depan kami.. :) *

  25. Fifie berkata:

    dah ‘gak sayang idup lo pri?

  26. an berkata:

    daripada ngerokok, mending duitnya ditabung pri… *sok bijak*

    btw, kayanya di jakarta stress banget ya ? udah balik ke bandung aja… hehehe

  27. raitter berkata:

    mmm, kaga suka co ngerokok. kalo lagi french kiss masa rasa rokok sih. ngga ngeh aja gituh :P~ *alasan na jelas kan*

  28. harunjo berkata:

    merokok memang berbahaya dan bikin polusi yah, tapi justru bahaya polusi kota yang di sebabkan asap kendaraan yang tiap hari kita nikmati itu lebih bahaya dari pada asap rokok, antisipasi polusi kendaraan ini simple, di mulai dari diri kita sendiri ajah, kita2 yang gak merokok justru penyumbang polusi terbesar lebih dari perokok yang sumbernya dari kendaraan yang kita gunakan. sudah saat nya kita bertanggung jawab

    http://www.b2w-indonesia.or.id

  29. ada deh berkata:

    dengan merokok,anda gag akan pernah tua..

    karena mati muda :D …

  30. noik berkata:

    aku perokok.sudah 7 th.
    kenapa belom brenti?
    karna belom ada yang bs bikin aku brenti.
    mungkin nanti aku akan brenti.
    mungkin nanti saat aku menikah.
    mungkin nanti,
    bisa jadi besok.bisa jadi taon depan.
    bisa jadi anakku yang akan bikin aku brenti.
    tapi itupun saat aku sudah membiarkan diriku sendiri brenti….

    merokok ataupun tidak.
    jadilah spt yang kamu inginkan.
    bukan karena org lain menginginkanmu tuk jadi sesuatu..
    be your self.
    itu baru namanya hidup.

  31. ICHA berkata:

    knp pemerintah sudah tau rokok membahayakan,tp koq msh dijual dg bebas…..AYO HIDUP SEHAT!!!!!

  32. wati wulandari berkata:

    zaman udah gila udah tau rokokn merugikan masih diiklan kan pula gak nyadar bgt sih,generasi muda akan suram hanya gara2 nikotin
    hanya orang2 bodoh lah yang mau mengikutinya.
    mau jadi co keren gak harus ngasep kali.

Leave a Reply